Skip to main content

POTENSI KOPI MANGGARAI TIMUR UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI DESA

Photo https://www.cafebrick.co.id POTENSI KOPI MANGGARAI TIMUR UNTUK UNTUK EKONOMI DESA      Manggarai Timur adalah salah satu kabupaten yang berada di Flores, Nusa Tenggara Timur dan berdiri pada 17 Juli 2007 . Kabupaten Manggarai Timur trcatatat memiliki potensi alam yang cukup luar biasa seperti kopi, coklat, vanili, cengkeh, Kemiri,umbi-umbian dan bebrapa jenis serealia.       Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang potensi Kopi Manggari Timur.      Kopi Manggarai pada akhir-akhir ini sudah banyak di kenal di Indonesia bahkan dunia. Kopi jenis Robusta dan Arabika pernah juara sebagai kopi terbaik Indonesia 2015 pada kontes kopi spesialti Indonesia ke tujuh (7) yang berlangsung di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Di Manggarai Timur sendiri Kopi yang paling terkenal adalah  kopi yang berasal dari Kampung Colol. Tidak menuntut kemunginan daerah lain di Manggarai Timur juga memiliki tanaman kopi dan proses penyajian berbeda namun kapasitas produksiny

POTENSI KOPI MANGGARAI TIMUR UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI DESA

Photo https://www.cafebrick.co.id

POTENSI KOPI MANGGARAI TIMUR UNTUK UNTUK EKONOMI DESA

     Manggarai Timur adalah salah satu kabupaten yang berada di Flores, Nusa Tenggara Timur dan berdiri pada 17 Juli 2007.
Kabupaten Manggarai Timur trcatatat memiliki potensi alam yang cukup luar biasa seperti kopi, coklat, vanili, cengkeh, Kemiri,umbi-umbian dan bebrapa jenis serealia.

      Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang potensi Kopi Manggari Timur.

     Kopi Manggarai pada akhir-akhir ini sudah banyak di kenal di Indonesia bahkan dunia. Kopi jenis Robusta dan Arabika pernah juara sebagai kopi terbaik Indonesia 2015 pada kontes kopi spesialti Indonesia ke tujuh (7) yang berlangsung di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
Di Manggarai Timur sendiri Kopi yang paling terkenal adalah  kopi yang berasal dari Kampung Colol. Tidak menuntut kemunginan daerah lain di Manggarai Timur juga memiliki tanaman kopi dan proses penyajian berbeda namun kapasitas produksinya lebih sedikit.
Daerah Colol memiliki letak geografis yang baik untuk tanaman kopi bahkan hampir sebagian petani di daerah ini memiliki kebun kopi . Kondisi suhu ditempat ini memang cocok untuk para pecinta kopi manakala daerahnya cukup dingin.
Proses penyajian kopi di tempat ini masih menggunakan cara tradisional mulai dari penyangraian menggunakan kuali dengan bantuan kayu bakar, penggilingan, hingga pada penyajiannya. Walaupun sudah ada yang bergelut di bidang Home Indutstri namun masih sangat sedikit.
     Maka dari itu dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi pada saat ini harapannya dapat membuat trobosan baru bagi kopi Manggarai Timur mulai dari Inovasi baru seperti padanya penanganan pasca panen (Fermentasi), Pengolahan (Penyangraian /roasting skla home Industri, penggilingan, pengemasan), dan Pemasaran.
Kegiatan ini harus di pahamai oleh orang-orang asli Manggarai timur khusunya masyarakat bukan orang-orang dari luar Manggarai Timur (Luar Pulau) atau kelompok terntentu maksudnya agar kopi Manggarai Timur dapat  diwariskan sehingga ekonomi desa juga dengan sendirinya bisa berkembang. Terobosan yang paling baik oleh pemerintah sebagai factor pendukung adalah mendekati anak muda dan mencoba mengarahkan mereka untuk berfikir global dan bertindak lokal sehingga kemudian mampu mengembagkan produk Pertanian Manggarai Timur seperti halnya kopi.
LSM, Karang Taruna, UMKM perlu dibentuk sejak dini untuk menarik perhatian masyarakat khususnya pemuda sehingga mencintai produk daerah.
     Penanganan pasca panen penting di lakukan karena di sinilah terbentuknya cita rasa kopi yang baik dan berkualitas. Fermentasi kopi adalah tahapa awal sebelum kopi itu siap di sajikan. Mengapa penting kopi di lakukan Fermentasi, agar cita rasa kopi terbentuk oleh mikroba yang menguntungkan pada saat proses fermentasi. Ketika kualitas kopi itu baik dan tentu dengan sendirinya hargannya pun akan meningkat. 



Oleh : Erdus Anggal, Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Comments

Popular posts from this blog

PEMUDALAH YANG AKAN MENGEMBALIKAN EKSISTENSI PERTANIAN INDONESIA DIMATA DUNIA

Foto Sawah Lodok Manggarai Betantt.com PEMUDALAH YANG AKAN MENGEMBALIKAN EKSISTENSI PERTANIAN INDONESIA DIMATA DUNIA Tulisan ini adalah cara saya sebagai didikan pendidikan pertanian untuk mengajak pemuda hari ini bagaimana melihat perkembangan pertanian Indonesia di masa yang akan datang. Indonesia adalah Negara yang besar dan kaya akan sumber daya alam, sehingga tak heran bangsa lain berbondong-bondong datang ke negeri ini untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan seperti mencari rempah-rempah, emas, biji besi, hasil laut dan banyak lagi yang lainnya. Mereka dengan segala cara melakukan tindakan bahkan dengan menjajah Negara ini pun pernah di lakukan. Namun karena gigihnya para pejuang Negara ini akhirnya bangsa ini terbentuk dan ingin mandiri dengan membentuk Negara yang berdaulat dengan nama Negara Kesatuan Republik Indonesia yang di Proklamasikannya pada 17 Agustus 1945. Hasil kerja ini menaruh harapan besar bangsa ini bahwa kita harus mandiri baik dari ekonomi, p